Friday, May 2, 2008

Otak kanan dan otak kiri

Just sharing aja neh
Menurut penilian perbedaan otak orang indonesia dengan otak  bangsa lain adalah cara penggunaannya.
Kita kebanyakan menggunakan otak kiri dan oran lain kebanyakan menggunakan otak kanan.
Mari kita telaah hal-hal yang dicerna oleh kedua otak ini.
Dimana fungsi kedua otak ini sangatlah berperan dalam membentuk hidup seseorang.
Dimana otak kiri bekerjanya selalu principle, banyak perhitungan,  banyak pertimbangan, emosional, memprediksi kehal-hal yang lebih sering ke negative thinking. 
Otak kanan bersifat memicu, memberikan motivasi, dan mengeluarkan ide-ide yang cemerlang, kebanyakan memberikan masukan kepada hal yang positif thinking.

Contoh :

Kita mau membuka suatu usaha, umpama nya jualan ikan, lalu sebelum mulai kita perhitungkaan segala macamnya, modal dasarnya diperhitungkan, untung ruginya. Coba kita pahami ke dalam diri kita.

Kalau kita pergunakan otak kiri kita, hal tersebut diatas atau membuat suatu usaha tentulah tidak akan sampai terjadi, karena belum apa-apa selalu diperhitungkan, ketakutan, menghitung terus tanpa pernah berjalan.

Tetapi kalau menggunakan otak kanan tentu langkah pertama adalah munculnya satu ide kemudian dijalankan dengan bersamaan ide itu, dan dia akan berusaha menambah atau mengurangi segala kekurangan sambil berjalan.

Contoh kecil apakah setiap kita mau buang air besar/kecil selalu memperhitungkan sebelumnya, saya kira terjadi begitu aja, kecuali dipengaruhi oleh otak kiri tadi, pasti akan dipikir hal-hal yang menakutkan, was-was padahal semua yang diperkirakan itu belum tentu terjadi seperti yang dipikirkan.

Atau barang kali saya katakana: jika kita memohon kepada Tuhan, mohon lah tapi kita jangan ikut mendikte Tuhan, menyaingi Tuhan. Cukup kita punya impian dan ikuti impian itu mulai dari A dan biarkan Tuhan menentukan B,C,D dan selanjutnya.

To be continue

No comments: