Wednesday, April 16, 2008

DAUN SIRIHBISA MEMBASMI NYAMUK


Guna memutus rantai perkembangbiakan nyamuk demam berdarah ini, banyak alternatif yang bisa diterapkan. Penggunaan insektida yang alami dan ramah lingkungan bisa menjadi alternatif untuk menumpas nyamuk dan membunuh "jentik" nyamuknya sendiri agar tidak berkembang menjadi dewasa.
Adapun insektisida yang bisa digunakan, yaitu dengan penggunaan tanaman daun sirih telah melalui proses ekstraksi. Ternyata daun sirih ini di dalamnya terkandung senyawa kimia yang bisa membunuh jentik dan nyamuk dewasa, terutama nyamuk Aedes aegypti. Begitu besar manfaat daun sirih ini dalam upaya menumpas siklus hidup vektor demam berdarah. Sirih (Piper betle linn) atau Charica betle linn termasuk dalam famili Piperaceae. Dalam daun sirih itu terkandung beberapa senyawa, seperti

  1. Minyak atsiri,
  2. Zat penyamak,
  3. cineole,
  4. dan yang utama adalah senyawa alkaloid.


     

Senyawa terakhir inilah yang nantinya dapat digunakan dalam menumpas jentik nyamuk, di mana cara kerjanya mirip dengan bubuk abate. Untuk membuat ekstrak daun sirih ini cukuplah mudah dan sederhana.


Pertama, daun sirih 1/2 kg dicuci sampai bersih, kemudian ditiriskan di tampah hingga kering. Daun yang sudah kering digiling atau diblender hingga berbentuk serbuk. Selanjutnya akan diperoleh 43 gram serbuk daun sirih.


Kedua, masukkan serbuk ke dalam wadah (becker glass) dan tambahkan alkohol 95% sebanyak dua liter sehingga serbuk tersebut terendam. Aduk dan diamkan selama 24 jam. Setelah itu saringlah dan godok atau panaskan hasil saringan tadi selama kurang lebih satu jam. Baru setelah itu diamkan selama satu minggu.


 

Masukkan ekstrak yang telah jadi itu ke dalam wadah atau botol dan siap untuk digunakan.

Dalam penggunaannya sama halnya dengan bubuk abate, yaitu dengan menaburkannya di genangan air. Cukup dengan konsentrasi rendah, jentik akan terbunuh.


Dikutip dari SINAR HARAPAN No. 5447 IPTEK (Budi Imansyah S, sanitarian dan anggota HAKLI).
 

No comments: